Minggu, 07 Januari 2018

9 CARA MEMBUAT MASKER PUTIH TELOR

Putih telur dikenal sangat bermanfaat bagi dunia kecantikan. Putih telur memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan kulit, diantaranya protein, kalium, riboflavin, dan magnesium. Manfaat yang didapat dari penggunaan putih telur pada kulit, khususnya wajah, yakni dapat mengecilkan pori dan mengurangi jumlah sebum yang berlebih. Sebum sendiri adalah minyak alami yang dihasilkan oleh kulit. Jika produksi sebum berlebihan, maka kulit akan nampak berminyak dan menjadi tempat yang baik bagi pertumbuhan bakteri. Inilah yang menjadi salah satu cikal bakal munculnya jerawat.

Cara Membuat Masker Putih Telur Untuk Wajah

Pada umumnya, putih telur banyak digunakan sebagai masker wajah. Tidak hanya dengan penggunaan secara tunggal, melainkan juga dapat dikombinasi dengan bahan alami lainnya, seperti madu, lemon, dan alpukat. Selain praktis, putih telur juga mudah didapatkan sehingga menjadi salah satu bahan yang paling sering digunakan untuk membuat masker wajah. Berikut ini beberapa cara membuat masker putih telur wajah berbahan dasar putih telur yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

1. Putih Telur

Pada dasarnya, penggunaan putih telur sebagai masker, tanpa kombinasi dari bahan lain, sudah cukup untuk memberi manfaat bagi kecantikan wajah. Hanya dengan mengoleskan putih telur pada wajah dan mendiamkannya selama 15 menit, maka kulit wajah akan terasa kencang dan segar setelah wajah dibersihkan.

2. Putih Telur – Perasan Lemon

Kombinasi antara putih telur dan lemon sangat bermanfaat bagi kulit beminyak dan berjerawat. Kombinasi ini termasuk jenis masker putih telur yang sederhana karena pembuatannya cukup mudah dengan bahan yang sedikit. Hanya dengan mencampurkan 1 butir putih telur dengan ½ buah perasan lemon, maka sudah cukup untuk membuat kulit wajah bersih dan terasa kencang, tanpa kilap.

3. Putih Telur – Yogurt

Masker putih telur yang dikombinasi dengan yogurt berfungsi untuk mencegah jerawat dan menjaga keremajaan kulit. Masker ini cukup mudah untuk dibuat, yakni hanya dengan mencampurkan 1 butir putih telur dan 3 sendok makan yogurt organik, maka masker siap untuk digunakan. Agar mendapatkan hasil yang optimal, penggunaan masker dilakukan selama 15-20 menit. Setelah itu, wajah dibersihkan dengan air hangat.

4. Putih Telur – Madu – Perasan Lemon

Perpaduan ketiga bahan ini juga banyak digunakan sebagai masker wajah. Putih telur yang berfungsi sebagai peringkas pori, dipadukan dengan madu dan lemon yang berfungsi sebagai antibakteri dan pencerah wajah. Selain bahannya mudah didapatkan, campuran masker ini juga relatif murah dan mudah untuk dibuat. Komposisi yang dibutuhkan meliputi: 1 butir putih telur, 1 sendok teh perasan lemon, dan ½ sendok teh madu. Ketiga bahan ini dicampur merata dan diaplikasikan pada wajah selama 10-15 menit. Setelah masker mengering, lalu bersihkan dengan air hangat. Maka kulit wajah akan terasa lebih lembut dan cerah merona.

5. Putih Telur – Madu – Oatmeal

Masker yang terbuat dari putih telur, madu, dan oatmeal sangat cocok untuk semua jenis kulit. Jadi, tidak perlu khawatir untuk menggunakan masker jenis ini. Pembuatan masker ini pun relatif mudah dan bahannya juga murah, yakni hanya dengan mencampurkan madu dan oatmeal masing-masing 1 sendok teh, dan 1 butir putih telur, maka masker siap digunakan.

6. Putih Telur – Bubuk Kunyit – Perasan Jeruk

Penggunaan bubuk kunyit pada wajah berfungsi sebagai penghilang noda bekas jerawat. Perpaduan antara putih telur, perasan jeruk, dan bubuk kunyit cukup efektif dalam mencerahkan wajah secara optimal. Hanya dengan mencampurkan bubuk kunyit dan perasan jeruk, masing-masing 1 sendok teh, lalu ditambahkan dengan 1 butir putih telur, maka masker siap untuk digunakan.

7. Putih Telur – Yogurt – Alpukat

Alpukat dikenal baik sebagai pelembab kulit, begitu pun dengan yogurt yang cukup efektif sebagai antibakteri. Perpaduan antara putih telur, yogurt, dan alpukat dapat memberikan efek kenyal serta mencegah munculnya jerawat pada wajah. Pembuatan masker dari campuran ketiga bahan ini pun cukup mudah, yakni dengan mencampurkan 1 butir putih telur, ¼ buah alpukat matang, dan 1 sendok teh yogurt, lalu masker diaplikasikan pada wajah. Setelah 15 menit masker digunakan pada wajah, lalu wajah dibersihkan dengan air hangat. Dengan begitu, wajah akan terhidrasi secara maksimal.

8. Putih Telur – Madu – Alpukat – Susu

Kombinasi antara putih telur, madu, alpukat, dan susu, terbukti dapat memberi nutrisi pada kulit. Tidak hanya dapat melembabkan, melainkan juga meminimalkan kerutan di wajah. Cara pembuatan maskernya pun cukup mudah yakni dengan mencampurkan 1 butir putih telur, ¼ buah alpukat, serta susu dan madu masing-masing 1 sendok teh. Penggunaan masker ini pada wajah sekitar 15 menit akan memberikan hasil yang optimal.

9. Putih Telur – Madu – Yogurt – Perasan Mentimun

Masker dengan kombinasi antara putih telur, madu, yogurt, dan perasan mentimun sangat cocok untuk semua jenis kulit wajah. Hanya dengan mencampurkan madu, yogurt, dan perasan mentimun, masing-masing 1 sendok teh, ditambah dengan 1 butir putih telur, maka akan didapatkan wajah yang bersih dari jerawat, lembab, segar, dan lebih cerah.
Demikian cara membuat masker putih telur yang telah dijelaskan diatas. Pada dasarnya, hampir seluruh bahan bernutrisi dapat dijadikan kombinasi untuk masker putih telur. Berbagai kombinasi tersebut akan menghasilkan efek yang berbeda-beda pada wajah, tergantung dari khasiat dan kandungan bahan yang digunakan. Maka, dalam berinovasi membuat kombinasi masker putih telur, dibutuhkan kreativitas dan pengetahuan akan masing-masing bahan yang digunakan.

Selain itu, memperhatikan kebutuhan jenis kulit juga sangatlah penting. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan reaksi alergi jika masker tidak cocok untuk semua jenis kulit. Bila setelah menggunakan masker timbul reaki alergi, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter agar efeknya tidak semakin parah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar